20 Mei 2012

Plus Minus Berinvestasi Kondominium


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai tempat tinggal, kehadiran kondominium banyak diproyeksikan untuk kepentingan investasi. Sebagai tujuan investasi, maka harus dilihat kepentingannya untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Associate Director PT Leads Property Service Indonesia, Evie Susanti, dalam diskusi "Prospek dan Investasi Kondominium pada 2012" di Jakarta, Senin (14/5/2012), memaparkan, bahwa investasi kondominium jangka pendek artinya investor berminat membeli sebelum pembangunan, kemudian akan dijual kembali setelah unitnya selesai dibangun. Sementara investasi kondominium jangka panjang berarti investor akan membeli untuk kemudian dijual lagi pada 5 - 10 tahun.

"Baik jangka pendek maupun jangka panjang, investasi kondominium memiliki tingkat pengembalian investasi yang cepat," katanya.


Evie menambahkan, kelebihan berinvestasi di kondominium bila dibandingkan investasi lainnya, saham misalnya, memiliki risiko kecil. Menurut pengamatannya, sampai saat ini tidak pernah ada kondominium yang nilai jualnya jatuh atau harganya murah.

"Keuntungan investasi kondominium karena harganya naik dari tahun ke tahun. Kalaupun ada risiko, hal itu karena pengembang melakukan hold terhadap proyeknya," ujarnya.

Investasi kondominium saat ini didukung dengan okupansi yang tidak sebatas para ekspatriat saja. Evie mengatakan, konsumen lokal di Jakarta kini banyak beralih ke hunian vertikal karena alasan terbatasnya pasokan rumah yang terjangkau harganya. Selain itu, lanjut dia, konsumen yang sebelumnya bersekolah atau terbiasa hidup di luar negeri lebih memilih tinggal di apartemen atau kondominium.

Bagi investor, Evie menambahkan, ada beberapa tips sukses berinvestasi kondominium, seperti memilih lokasi yang premium. Investor pun sebaiknya tidak membeli kondominium dari pengembang dengan jumlah unit sangat banyak, dan membeli saat pre-sales, kemudian dijual saat kondominium tersebut sudah jadi. Kondominium dijual 2 - 3 tahun dengan keuntungan bisa mencapai 80 %.

 
(Sumber : Kompas.com | Penulis : Natalia Ririh | Senin, 14 Mei 2012 | 14:37 WIB | ilustrasi:Shutterstock|)
 http://properti.kompas.com/read/2012/05/14/14375318/Plus.Minus.Berinvestasi.Kondominium



 

Tidak ada komentar: